Kamis, 27 September 2012

SIKAP MANUSIA TERHADAP TEKNOLOGI


Sikap manusi terhadap teknologi berbentuk :
1. Teknofilia
2. Tenofobia
3. Teknologi Secukupnya

       Teknofilia artinya ketergantungan dan kecintaan manusia akan teknologi yang semakin maju. Contohnya ketergantungan manusia akan TV (Televisi), orang-orang rela menyisihkan waktunya untuk sekedar menonton TV (Televisi) padahal saat itu dia masih punya pekerjaan yang lebih penting untuk dikerjakan. Mereka berfikir jika tidak menonton TV (Televisi) ada sesuatu hal yang kurang dalam kehidupannya.
       Teknofobia artinya ketakutan manusia akan teknologi. Manusia menjadi takut akan teknologi yang semakin maju dan membuat dampak-dampak negatif bagi manusia. Contohnya manusia menjadi takut menggunakan motor karena bahaya dan dampak dari penggunaan motor itu sendiri. Seperti kecelakan yang merenggut nyawa dan polusi udara yang berasal dari asap kendaraan bermotor yang satu ini, sehingga manusia akan lebih memanfaatkan sepeda untuk menempuh jarak yang tidak terlalu jauh. Hal itu membawa seseorang pada teknologi secukupnya.
       Teknologi secukupnya artinya manusia menggunakan teknologi hanya sebagai kebutuhan sehingga tidak menimbulkan ketergantungan dan ketakutan akan teknologi. Contohnya manusia menggunakan HP (Handphone) hanya untuk komunikasi seperlunya saja. Tentunya tidak akan menimbulkan teknofilia bahkan teknofobia.
       Dewasa ini, perkembangan teknologi sangat maju seiring perkembangan zaman. Hampir semua lapisan masyarakat bersikap teknofilia terhadap teknologi. Hal ini pun tidak menutup kemungkinan terjadinya teknofobia bagi sebagian orang. Sehingga kembali lagi bahwa kita harus menggunakan teknologi secukupnya agar manfaat dan kegunaan dari teknologi tersebut dirasakan dan inilah yang mampu menjaga keseimbangan ekosistem kehidupan manusia dengan nilai-nilai kemanusiaan.

1 komentar: